Mengenal Game Moba

Di era kemajuan teknologi digital seperti ini, terdapat banyak sekali kemajuan di beberapa bidang industri. khususnya industri game online. Banyak sekali  berbagai macam jenis permainan yang populer dalam industri game online.

Salah satunya adalah genre Multiplayer Online Battle Arena atau yang sering disingkat MOBA. Dari sekian banyak genre game online yang bertebaran, MOBA termasuk jenis game yang paling banyak digemari sebagian besar masyarakat dari berbagai kalangan.

MOBA mendominasi pasar, saking mendominasinya. Dalam keseharian kegiatan kalian, Kalian pasti sering dengan mendengar istilah MOBA ini, dari kawan kalian, saudara kalian, hingga mungkin di sosial media. Siapa yang tidak pernah mendengar istilah-istilah dengan kearifan lokal, seperti MOBA kok analog? MOBA kok 8 Bit? MOBA kok batman? Bahkan ada salah satu game MOBA yang mengiklankan dirinya di televisi, dengan hadiah miliaran.

Dan mungkin kalian juga adalah salah satu dari sekian juta pemain yang berperan sebagai pelaku yang memainkan beberapa game dari genre MOBA tersebut. Kemajuan teknologi memudahkan kalian untuk memainkan game ber-genre MOBA dengan mudah di mana saja dan kapanpun. Karena banyak sekali permainan-permainan MOBA yang dirilis dan bisa dimainkan di smartphone kalian.

TREND MOBA

Dengan trendingnya MOBA ini, pada akhirnya banyak sekali diadakan turnamen-turnamen E-sports untuk menaungi pemain-pemain profesional atau pemain-pemain yang betul-betul mendedikasikan dirinya dan diakui sebagai atlet E-sports khususnya dalam Genre MOBA, yang ingin menyalurkan bakatnya dalam turnamen E-sports ber-genre MOBA tersebut. Dan bukan itu saja jika bisa memenangkan turnamen MOBA tersebut mereka para pemain-pemain profesional akan mendapatkan imbalan atau hadiah yang lumayan besar.

Bahkan ada yang sangat fantastis seperti The International, sebuah turnamen yang diadakan oleh Valve corporation salah satu industri game yang memproduksi sebuah game besar dan legendaris seperti DotA 2. Terakhir kali turnamen The International 7 memiliki kira-kira total hadiah sebesar 319 milliar atau setara dengan USD24 juta. Menarik bukan? Tak usah berlama-lama. Dengan artikel ini, kita kan membahas MOBA lebih dalam!

SEJARAH SINGKAT MOBA

            Beberapa dekade lalu, permainan strategi untuk konsol SEGA bernama HERZOG ZWEI, permainan ini dicatat sebagai permainan MOBA generasi pertama, permainan ini memiliki konsep yang hampir sama dengan MOBA kontemporer, yaitu setiap pemain mengontrol unit dengan satu perintah di dua kubu yang terpisah dalam satu arena. HERZOG ZWEI menginspirasi generasi moba selanjutnya seperti Guilty Gear 2 dan Air Merch.

Lalu setelahnya pada 1998, sebuah perusahaan komputer game bernama Blizzard company merilis sebuah permainan bernama starcraft, dengan fitur seperti Staredit yang mengizinkan publik untuk mengubah atau memodifikasi map berbeda dari map yang normal. Seorang pemodifikasi bernama Aeon64, membuat map yang hingga akhirnya menjadi populer bernama Aeon of strife(Aos), yang dimana pemain diberi karakter dengan kemampuan khusus untuk bermain di 3 jalur yang berbeda.

Dan Blizzard pada 2002 merilis Warcraft III: Reign of chaos, pemodifikasi bernama Eul menggabungkan AoS ke dalam engine Warcraft III, dan menyebut nama map buatannya Defends of the Ancients(DotA), hal ini terus berkembang dan akhirnya muncul berbagai macam MOBA dan menjadi sangat populer seperti sekarang.

APA ITU MOBA?

            Berdasarkan referensi yang kami ketahui, MOBA adalah singkatan dari sebuah kalimat ber-Bahasa Inggris yaitu Multiplayer Online Battle Arena, bisa dilihat dari kepanjangan MOBA tersebut, bahwa definisi umum MOBA adalah sebuah jenis permainan yang dimainkan secara multi-player atau lebih dari 1-2 player dalam satu arena pertarungan.

Kalau begitu PUBG juga masuk dalam MOBA dong? Hal ini tidak bisa disalahkan jika berdasarkan apa kepanjangan MOBA tadi. Di sini juga menjelaskan bahwasanya dotA 2, LoL, HoN, Mobile legends, AoV hingga VainGlory pun juga termasuk game MOBA.

Tapikan DotA 2 dan PUBG, secara gameplay sangat jauh sekali? Ya, Ini benar. Banyak sekali perdebatan disini, dari definisi Gabe Newell seorang co-founder dari valve corporation memberi pernyataan tentang DotA 2 “We usually call it an ‘Action-RTS’, just because that seems to make a lot of sense to customers. If you say that, they have a pretty good idea what you’re talking about. I don’t even know what MOBA stands for,” dapat dilihat disini Gaben melihat bahwasanya gambaran MOBA terlalu umum tapi juga tidak bisa disalahkan jika permainan-permainan ‘MOBA’ yang selama ini kita kenal, juga boleh dipanggil MOBA.

Secara umum semua permainan online yang dimainkan secara multiplayer dalam satu arena pertarungan, boleh disebut dengan MOBA.

Tapi untuk hal yang spesifik lagi, kami merujuk kepada Arts. Terserah kalian ingin menyebutnya apa. Apapun definisi yang diberikan selalu ingatlah bahwa permainan-permainan ini memiliki prioritas keseruan yang layak untuk dinikmati.

CARA BERMAIN  MOBA

            Di sini definisi MOBA yang kami gunakan secara sepesifik akan merujuk ke permainan populer seperti DotA 2 dan sejenisnya atau bisa disebut Arts (Action-real time strategy), kami akan menjelaskan secara mudah bagaimana cara atau konsep untuk bermain permainan tersebut, Dalam MOBA seperti ini biasanya terdiri dari 2 kubu yang bermusuhan dan umumnya 5 vs 5, dalam sebuah arena terdapat 3 jalur, Top, Mid, Bottom dan diisi beberapa tower yang melindungi tower utama. dalam permainan ini tugas yang harus dilakukan dalam sebuah tim adalah menghancurkan tower-tower tersebut satu-persatu hingga menyentuh tower  utama dan menghancurkan tower utama musuh.

Bagaimana cara menghancurkan tower tersebut? Kita dibekali 1 hero untuk masing-masing player, teman satu tim ataupun tim musuh juga dibekali hal yang sama. Hero yang kita pilih memiliki karakteristik yang dibutuhkan dalam membentuk susunan tim sebelum pertarungan. Tugas kita adalah berkerja sama dalam tim menyusun strategi yang baik agar bisa menghancurkan tower-tower tersebut. Dalam MOBA dengan  gameplay seperti ini, di kedua tim juga terdapat makhluk-makhluk kecil (creeps) yang muncul dalam beberapa detik sekali untuk menghancurkan tower-tower musuh.

PERKEMBANGAN INDUSTRI MOBA

            Semakin menjamurnya E-Sports di beberapa belahan dunia,  kini terdapat beraneka ragam beraneka ragam pemain besar dalam pembuatan industri MOBA, seperti Valve corporation, Garena, S2 games dengan permainan Heroes of Newerth, dan juga dalam industri mobile dipegang oleh perusahaan terkemuka seperti Tencent, Super Evil Megacorp, Moonton, dan seterusnya.

Berbagai industri ini dengan segmen pasar yang berbeda-beda, bersaing meningkatkan kualitas mereka masing-masing. Menambahkan fitur –fitur yang lebih menarik daripada sebelumnya. Masing-masing developer pun juga menawarkan karakteristik yang berbeda, ada yang simple hingga kompleks seperti DotA 2, semua balik lagi kepada selera masing-masing para netizen sekalian.

ANEKA MACAM MOBA POPULER

          Ada terdapat banyak sekali permainan-permainan MOBA yang bisa kalian unduh di berbagai platform hingga website sang developer itu sendiri, seperti DotA 2 bisa kalian unduh di steam, LoL bisa kalian unduh di website Garena, sedangkan HON bisa kalian unduh di websitenya langsung www.heroesofnewerth.com atau mungkin jika kalian ingin memainkan MOBA dengan karakteristik yang lebih simple, kalian bisa unduh Mobile legends, AoV,  Vain Glory dan berbagai macam permainan MOBA mobile di Playstore untuk android sedangkan App Store untuk Ios.

Tags

pongo

Video gaming creators, part time streamer, dan yang pasti gamer.
Back to top button